IMG-20211016-WA0007
Kepala MAN Tapsel menyematkan lencana bantara kepada salah seorang calon penegak bantara MAN Tapanuli Selatan. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Sipirok (Humas, 21/10/2021),

Gudep MAN Tapsel melaksanakan acara pelantikan pramuka penegak bantara pada Sabtu (16/10/2021) di lapangan MAN Tapanuli Selatan. Upacara diikuti oleh Kepala MAN Tapsel, Juhan Siregar, M.Pd., WKM Kesiswaan, Syarifuddin Siregar, S.Pd., guru-guru pembina pramuka, dan seluruh anggota kepramukaan.

Prosesi pelantikan berlangsung lancar dan khidmat. Diawali dari pembacaan laporan ketua panitia, prosesi adat, pembacaan surat keputusan pelantikan, tanya jawab kepada calon penegak bantara, pengucapan tri satya, penyematan lencana bantara, dan penyiraman air sebagai simbolis peresmian penegak bantara.

Bantara merupakan singkatan dari Bantuan Tenaga Rakyat, yang salah satu tugasnya membantu masyarakat maupun aparat dalam menjaga ketertiban masyarakat. untuk mengikuti pelantikan penegak bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Kepala MAN Tapsel berharap, para pramuka penegak bantara nantinya dapat menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh dan menjadi cerminan pramuka sejati. Yang dapat menjadi teladan baik di lingkungan madrasah maupun lingkungan masyarakat. (ali) 

Bagikan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *