WhatsApp Image 2021-10-22 at 13.52.26
Guru dan siswa MAN Tapanuli Selatan mengikuti upacara hari santri nasional dengan khidmat. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Sipirok (Humas, 22/10/2021),

Dalam rangka memperingati hari santri nasional 2021, MAN Tapanuli Selatan mengadakan upacara yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik/kependidikan dan siswa MAN Tapanuli Selatan. Upacara dimulai pada pukul 08.00 di lapangan MAN Tapanuli Selatan.

Seluruh peserta mengikuti prosesi upacara dengan tertib dan khidmat. Setelah pemimpin upacara serta kepala madrasah selaku pembina upacara memasuki lapangan, kemudian dilanjutkan dengan penaikan dan pengibaran bendera marah putih. Setelah itu, pembacaan pembukaan UUD 1945 dan ikrar santri oleh petugas upacara dilanjutkan dengan pancasila oleh pembina upacara. Dan terakhir, amanat dari pembina upacara. Hari santri 2021 mengangkat tema “Santri siaga jiwa raga”. Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai ‘tirakat’lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali siswa madrasah.

Para guru berfoto bersama dalam peringatan hari santri nasional 2021 (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Peringatan hari santri nasional setiap tanggal 22 Oktober tercantum dalam Perpres No.15 Tahun 2015 oleh presiden Ir. H. Joko Widodo. “Dalam peringatan hari santri ini, siswa-siswi diharapkan semakin menyadari posisinya sebagai calon penerima tongkat estafet penerus bangsa. Harus dapat memerangi segala hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama dan ideologi bangsa”, kata kepala MAN Tapsel, Juhan Siregar, M.Pd dalam pidatonya. (ali)

Bagikan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *