Kepala madrasah menyematkan pita tanda peserta persami 2021 kepada 2 orang perwakilan peserta. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Sipirok (Humas, 24/10/2021),

Kepala MAN Tapanuli Selatan selaku Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Kamabigus)  membuka dengan resmi Perkemahan Sabtu Minggu Pramuka Gugus Depan MAN Sipirok tahun 2021, Sabtu (23/07/2021). Acara yang dilaksanakan di Lapangan MAN Tapanuli Selatan diikuti oleh 300 siswa yang terdiri dari 220 siswa kelas X dan sisanya siswa kelas XI dan XII.

Nurbudiman Rasyid, S.Pd dan Margunawan Ismail Siregar, S.Pd yang keduanya merupakan pembina Pramuka MAN Tapsel mengatakan bahwa tujuan utama dilaksanakan Persami tahun ini adalah untuk pelantikan kacu bagi siswa kelas X. “Acara ini merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahun kecuali 2 tahun terakhir yang urung dilaksanakan karena pandemi Covid-19”, jelas Nurbudiman Rasyid.

“Jadi seiring sudah semakin terkendalinya Covid-19 dan daerah Tapanuli Selatan termasuk Kabupaten yang relatif aman dari pandemi yang ditandai dengan diizinkannya pembelajaran tatap muka di sekolah, maka kegiatan pramuka termasuk Persami dimungkinkan untuk dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ditetapkan pemerintah”, tambah Margunawan Ismail.

Menurut penuturan Margunawan Ismail yang sehari-hari dipanggil Pak Gunawan ini, Pramuka MAN Tapsel juga mengirimkan 4 orang anggotanya untuk mengikuti Perkemahan Saka Bhayangkara yang diadakan Polres Tapanuli Selatan. “Jadi, mengingat keadaan sudah memungkinkan dan memandang pentingnya kegiatan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib bagi seluruh sekolah atau madrasah, maka dilaksanakanlah kegiatan Persami ini”, tegas Pak Gunawan.

Sesuai dengan namanya, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, Sabtu (23/07/2021) sampai dengan Minggu (24/07/2021). “Dengan 2 hari pelaksanaan Persami, diharapkan peserta kegiatan mampu mengenal dan menghayati serta mengamalkan nilai-nilai dan semangat yang menjadi jiwa Pramuka. Dan para senior yang merupakan Dewan Ambalan Pramuka MAN Sipirok, dan para Pramuka Bantara yang baru dilantik beberapa waktu yang lalu mampu mentransfer nilai-nilai dan semangat yang dimaksud”, imbuh Nurbudiman Rasyid.

Para peserta mengikuti upacara pembukaan Persami dengan khidmat. (Sumber : Humas MAN Tapsel).

Sementara itu, Kepala MAN Tapsel, Juhan Siregar, M.Pd dalam amanatnya menyatakan bahwa anak-anak Pramuka sesuai namanya Praja Muda Karana, hendaknya mampu menjadi siswa-siswa yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial. Kecerdasan-kecerdasan tersebut lahir dari proses pembiasaan yang terus-menerus dan kegiatan Pramuka ini menjadi salah satu sarananya. “Hendaknya kalian pahami, hayati dan amalkan apa yang terkandung dalam Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka. Karena jiwa dan nilai-nilai yang ingin ditanamkan di Pramuka terkandung seluruhnya dari dua hal tersebut”, tegas beliau.

Lebih lanjut, Kepala MAN Tapsel juga berpesan agar kiranya semua peserta, panitia, pembina dan guru-guru yang terlibat, betul-betul melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga protokol kesehatan serta menjaga nama baik madrasah. Tidak lupa Kepala MAN Tapsel mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Tapanuli Selatan, Batalyon C Brimob Poldasu, Kodim Tapanuli Selatan, dan semua pihak yang terlibat pada pelaksanaan Persami kali ini.

Acara pembukaan ditandai dengan pengibaran bendera cikal bakal, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan dasa Dharma, pembacaan Trisatya, Do’a dan penyematan tanda peserta. Hadir pada acara pembukaan ini seluruh Wakil Kepala Madrasah, Ibu Kaur TU, Guru-guru dan Staf TU, Ketua Komite, serta para undangan lainnya. Selesai acara dilaksanakan acara ramah tamah dengan para undangan yang hadir.

Bagikan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *