Prosesi penyalaan api unggun pada acara puncak persami MAN Tapsel 2021. (Sumber : MAN Tapanuli Selatan)

Sipirok (Humas, 25/10/2021)

Pada kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) MAN Tapsel 2021, ada berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia, diantaranya Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yang dipandu langsung oleh perwakilan kodim Tapanuli Selatan, Pertunjukan seni pramuka, dan acara pentas seni oleh para peserta. Pada malam harinya dilaksanakan upacara penyalaan api unggun yang menjadi agenda puncak kegiatan persami.

Para peserta antusias mengikuti upacara penyalaan api unggun karena acara ini memang acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta. Beruntung meskipun cuaca gerimis, kayu masih bisa dinyalakan. Seluruh peserta bertepuk tangan setelah api unggun berhasil berkobar. Acara kemudian berlanjut dengan penampilan tari dari para siswa. Cuaca dingin tertutupi oleh hangatnya api unggun.

Penampilan seni tari oleh sanggar tari MAN Tapsel. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Di dalam Kepramukaan, kegiatan api unggun diselenggarakan sebagai acara hiburan dengan suasana yang suka cita. Ada banyak nilai pendidikan dan moral yang bisa diambil dari kegiatan api unggun. Diantaranya mempererat persaudaraan, memupuk kerja sama (gotong royong), menambah keberanian dan kepercayaan diri, membuat suasana gembira dan bebas, mengembangkan bakat dan kreatifitas, dan meningkatkan rasa kedisiplinan serta tanggung jawab. 

Setelah rangkaian acara api unggun selesai, para peserta bersiap-siap untuk tidur dan beristirahat karena esok harinya akan dilaksakaan kegiatan olahraga dan jelajah alam (hiking). (ali)

Bagikan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *