Pramuka MAN Tapsel bersama Pembina berfoto bersama di penghujung kegiatan Saka Wira. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Sipirok (Humas, 27/07/2022)

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Pramuka MAN Tapanuli Selatan, prestasi diraih di acara perkemahan Saka Wira Kartika bertempat di Kel. Simarpinggan, Kec. Angkola Selatan yang dilaksanakan selama tiga hari, yakni tanggal 22 s.d. 24 Juli 2022. Kegiatan ini digelar oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0212/Tapsel.

MAN Tapanuli Selatan sendiri mengirimkan 20 siswa sebagai perwakilan. Terdiri dari 10 Laki-laki dan 10 Perempuan. Seluruh siswa perwakilan tampak semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama 3 hari. Adapun kegiatan yang diperlombakan diantaranya Tenda Kreatif, scout chef, baris-berbaris, semaphore, sandi morse, cerdas cermat, pentas seni, dan pioneering. 

Upacara penutupan dilaksanakan pada Minggu (24/07) siang, sekaligus pengumuman juara kegiatan perlombaan selama rangkaian acara berlangsung. MAN Tapanuli Selatan berhasil meraih total 6 trofi dari seluruh perlombaan, yaitu Juara 1 Tenda Kreatif, Juara 1 Cerdas Cermat kategori putra, Juara 1 Semaphore kategori putri, Juara 1 Scout Chef kategori putri, Juara 2 Sandi Morse kategori putri, serta Juara 3 Cerdas Cermat kategori putri. 

Siswa Pramuka MAN Tapsel saat mengikuti pioneering, salah satu perlombaan di Saka Wira Kartika. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Salah satu pembina Pramuka MAN Tapsel, yang juga turut mendampingi siswa perwakilan, Akhir Muda Harahap, S.Pd merasa bersyukur akan hasil yang didapatkan. Mengingat kurangnya persiapan dan masalah-masalah teknis lain yang dihadapi. “Semoga ini menjadi pecutan semangat untuk terus lebih baik lagi kedepannya.” pungkasnya.

“Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia berakhlak mulia, disiplin, terampil, memiliki rasa cinta kepada tanah air yang berlandaskan Pancasila dan Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara,” ujar Kasdim Mayor Inf Alex Donald Surbakti saat menutup kegiatan Saka Wira Kartika 2022. (ali)

Similar Posts