Berita Terbaru

Kasubbag Kemenag Tapsel didampingi Kepala MAN Tapsel, Kepala KCP BSI Sipirok, dan Babinkamtibmas berfoto bersama Grup Tari Kelas X MIPA-2 pada acara pelepasan Angkatan IX MAN Tapsel Lokasi Situmba (Humas MAN Tapsel)

Sipirok, (Humas, 02/04/2022)

MAN Tapanuli Selatan kembali menggelar acara Pelepasan sekaligus Khatam Al Qur’an Kelas XII pada hari Selasa (29/03/2022). Kali ini dilaksanakan oleh MAN Tapsel Lokasi Situmba. Untuk Lokasi Situmba, siswa yang dilepas  kali ini merupakan Siswa Angkatan IX. Acara berlangsung di halaman madrasah dengan dihadiri oleh seluruh siswa, baik kelas X, XI, maupun kelas XII. Turut hadir dalam acara ini adalah seluruh orang tua kelas XII, kepala madrasah bersama seluruh dewan guru, dan para undangan diantaranya adalah Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Tapanuli Selatan, Kepala KCP BSI Sipirok, Komite Madrasah, Babinkamtibmas, dan Kepala Desa Kilang Papan.

Acara dimulai dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Daumar Mike, S.Pd, M.Hum. Ketua Panitia menyampaikan selamat datang kepada seluruh undangan, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini dan juga permintaan maaf atas segala kekurangan yang ada dalam kegiatan ini. 

Acara selanjutnya adalah kegiatan Khatam Al Qur’an yang dipimpin oleh Alpian Ritonga, S.Ag dan Akhir Muda, S.Pd dengan menampilkan siswa-siswi terbaik dari masing-masing kelas XII. Diawal acara, Alpian Ritonga memotivasi dan mengingatkan seluruh siswa kelas XII bahwa dengan kegiatan khataman ini bukan berarti selesai membaca Al Qur’an, tetapi khataman merupakan momentum kepada kita untuk selalu berinteraksi dengan Al Qur’an. “Baik dengan membacanya, menghapalkannya, maupun mentadabburinya dan juga mengamalkannya”, ujar Alpian Ritonga. 

Acara Khatam Al Qur'an siswa kelas XII MAN Tapsel Lokasi Situmba. (Humas MAN Tapsel)

Selesai Khatam Al Qur’an acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan. Kata-kata sambutan sekaligus disampaikan diantaranya oleh Fahra dari kelas XI MIPA-2 mewakili kelas X dan XI, Rahmad Hidayat Siregar mewakili kelas XII, Syarifuddin Siregar, S.Pd mewakili Dewan Guru, pengurus Komite Madrasah mewakili orang tua siswa, dan dari Kepala KCP BSI Sipirok mewakili undangan. Kesemuanya menyatakan selamat dan berharap yang terbaik bagi siswa kelas XII yang dilepas kali ini.

Setelah diselingi dengan hiburan berupa pembacaan Puisi, Tari Kreasi dari Grup Tari MAN Tapsel, dan penampilan Grup Nasyid MAN Tapsel, acara dilanjutkan dengan kata-kata bimbingan dan pengarahan dari Kepala MAN Tapsel, Juhan Siregar dan juga dari Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Tapanuli Selatan, Hilman Simanjuntak, S.Ag.

Kepala MAN Tapanuli Selatan dalam kata-kata pembinaannya mengharapkan kepada seluruh siswa kelas XII kiranya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dengan mengambil ibrah dari kisah-kisah yang ada dalam Al Qur’an, Juhan Siregar memotivasi siswa kelas XII dan juga para orang tua agar memiliki sifat pantang menyerah dan senantiasa bersabar dalam menempuh jalan menuntut ilmu. “Kedua sifat tersebut sangat penting untuk dimiliki, agar bisa sukses dalam perjuangan meraih cita-cita,” tegas Juhan Siregar. 

Senada dengan Kepala MAN Tapsel, Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Tapanuli Selatan dalam kata-kata bimbingannya berharap agar sebagian besar siswa kelas XII yang dilepas kali ini kuliah, baik di PTN maupun di PTS. Faktor ekonomi saat ini bukan merupakan halangan untuk kuliah. Pemerintah menyediakan berbagai macam bantuan bagi lulusan SLTA yang akan melanjutkan pendidikannya. Bahkan Kemenag Tapsel melalui BAZNAS telah dan akan terus menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqoh dari kaum muslim untuk mahasiswa-mahasiswa yang mengalami kendala ekonomi dalam perkuliahannya. “Kuncinya adalah kita memiliki kemauan untuk maju dan berani menempuh jalan mencari alternatif pembiayaan pendidikannya,” ujar Hilman Simanjuntak yang juga pernah menjabat sebagai Kepala MAN Tapsel.

Selesai kata-kata sambutan yang diselingi hiburan dengan diiringi KeyBoard yang sengaja diundang, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi dari Angkatan IX MAN Tapsel Lokasi Situmba. Siswa-siswi berprestasi tersebut adalah :

Rahmat Hidayat Siregar (Siswa Teladan) ; Siti Khofifah Br Hutasuhut (Siswi Teladan); Fachria Azza Salsabila (Menyelesaikan Hapalan Juz 1 dan 30); Ahmad Saiful Lubis (Nilau Ujian Akhir Madrasah Tertinggi); Ali Mudin Siregar (Siswa Berpenampilan Terbaik); Ainun Hidayah (Siswi Berpenampilan Terbaik); dan Anisa Paujiah Sinaga (Siswa Tersantun).

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *