Kamis, 02 Maret 2023 07.30 WIB

Ilustrasi: Juhan Siregar, M.Pd (Kepala MAN Tapanuli Selatan) sedang monitoring kegiatan nobar kegiatan webinar dengan tema “Strategi Sukses Masuk PTN-PTKIN” tahun 2023 di Ruang Lab.Komputer MAN Tapanuli Selatan (Sumber: Humas).

MAN Tapanuli Selatan melaksanakan nobar atau nonton bersama dalam kegiatan Webinar yang bertemakan “Strategi Sukses Masuk PTN-PTKIN Tahun 2023”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Sebanyak 391 siswa kelas XII yang tersebar dari empat lokasi MAN Tapanuli Selatan (Bungabondar, Situmba, Sipagimbar, dan Sipange) turut andil dalam nobar kegiatan webinar yang berlangsung pada Kamis 02/03 di Laboratorium Komputer madrasah.

Webinar yang diikuti serentak oleh Madrasah Aliyah se-Indonesia ini, memberikan motivasi dan starategi jituh untuk sukses masuk Perguruan Tinggi Negeri-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri kepada siswa-siswi madrasah utamanya yang sedang duduk di kelas XII. Disamping tentunya, mensosialisasikan kebijakan seputar bagaimana Kemeterian Agama RI melalui Direktorat KSKK Madrasah, meningkatkan lulusan madrasah masuk PTN-PTKIN. Lebih lanjut, sebagaimana dalam rincian jadwal webinar berikut:

Bagi siswa MAN Tapanuli Selatan, kegiatan ini memberikan pencerahan mendalan seputar langkah nantinya yang akan dituju selepas menamatkan pendidikannya di madrasah. Sebagaimana yang diutarakan oleh Juhan Siregar, M.Pd selaku Kepala MAN Tapanuli Selatan, seusai memonitoring kegiatan nobar kegiatan webinar kepada Humas. “Kita memonitoring kegiatan ini dalam upaya memastikan bagaimana nobar kegiatan webinar ini berjalan lancar dan diikuti oleh seluruh kelas XII semua lokasi madrasah kita. Mengingat webinar ini penting untuk memberikan pencerahan pada mereka kelas XII, yang sebentara lagi akan tamat. Besar harapan kami, lepas acara ini banyak diantara mereka yang termotivasi untuk masuk perguruan tinggi, utamanya yang negeri dan berbasis keagamaan tentunya agar lebih singkron”.

Pencerahan maupun motivasi yang disampaikan oleh narasumber pada webinar tersebut, pada akhirnya ditumpukan pada satu harapan agar PTN-PTKIN diisi oleh mayoritas calon mahasiswa yang berasal dari madrasah atau berada dibawah lingkup kementerian agama. “Kelas XII baik IPA maupun IPS yang telah mengikuti nobar ini, beser harapan kami agar tidak hanya termotivasi semata, namun mereka menjadi bagian dari penyumbang terbesar calon mahasiswa yang menempati bangku perkuliahan di PTN-PTKIN” sambung Juhan pada Humas mengakhir monitoringnya.

Senada dengan harapan kepala MAN Tapanuli Selatan, lebih-lebih Kementerian Agama RI selaku penyelenggara kegiatan webinar di atas, dalam waktu yang terpisah Via Nesa Mapilinda salah satu peserta (siswa kelas XII IPS) kepada Humas, menerangkan perasaannya yang semakin mengerti dan termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya selepas tamat dari madrasah. “Webinar nya seru, terkesan mendapat motivasi dan membentuk pola pikir, serta menambah wawasan atau pengetahuan kami seputar perkuliahan. Taman dari madrasah ini mau lanjut kemana dan bagaimana strategi untuk dapat diterima pada kampus yang kita inginkan nantinya”. Ia membeberkan keyakinannya untuk masuk perguruan tinggi negeri utamanya yang keagamaan. “Saya semakin yakin dengan pilihan dari kemarin yang ingin masuk ke Universitas Islam Negeri” sambung Via mengakhiri ungkapan perasaannya pada Humas.

Sebagaiaman sebelumnya dalam Surat Kasi Penmad Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara tertanggal 27 Februari 2023 Nomor : B-6468/Kw.02/2-a/PP.00.11/02/2023 sebagai perpanjang dari Surat Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: B-173/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2023 tanggal 23 Februari 2023 perihal Webinar Strategi Sukses Masuk PTN-PTKIN Tahun 2023. Dimaksudkan sebagai tindak lanjut itu, dilaksanakan nonton bersama kegiatan webinar dengan tema: “Strategi Sukses Masuk PTN-PTKIN ” Tahun 2023. Tujuan yang hendak dicapai dalam rangka mempersiapkan lulusan siswa-siswi MA/MAK masuk PTN/PTKIN 2023 dan meningkatkan jumlah MA/MAK masuk TOP 1000 UTBK. Kegiatan tersebut berlangsung selama sehari dari pukul 07.30-16.30 WIB (DMP).

Similar Posts