Berita Terbaru

Kamis, 02 Maret 2023 09.00 WIB

MAN Tapanuli Selatan menjadi tuan rumah pada kegiatan Suvervisi Peningkatan Kinerja Kepala, KTU, Laboran, dan Pustakawan Madrasah se-Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 2023. Sebanyak 4 MIN, 4 MTsN, dan 1 MAN yang turut andil dalam suvervisi pada tanggal 02 Maret 2023 di Ruang Laboratorium IPA MAN Tapanuli Selatan.

Suvervisi pada kali ini dilakukan oleh Dr.Muhammad Azhar, S.Pd.I., M.Pd bersama Tim dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara terhadap Kepala Madrasah, KTU, Laboran dan Pustakawan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara. Kehadiran Azhar (Staf Seksi Tendik pada bidang Penmad kanwil Kemenag Prov.Sumut) selaku salah satu dari tim suvervisor di MAN Tapanuli Selatan, dimaksudkan sebagai upaya dari pihak kanwil dalam menilai tertib atminitratif madrasah negeri yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan, dan mengukur pencapain tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya. hasil yang dipreroleh nantinya menjadi barometer untuk melangkah kedepan bagi setiap madrasah yang di suvervisi. Lebih jauh dari itu, suvervisi dimaksudkan sebagai; Controlling (mengontrol apakah semuanya dijalankan sebagaimana mestinya); Correcting (mengoreksi apakah semuanya sesuai dengan apa yang telah ditetapkan/digariskan); Judging (mengadili dalam arti memberikan penilaian atau keputusan sepihak); Directing (pengarahan, menentukan ketetapan/garis); Demonstration (memperlihatkan bagaimana idealnya atau yang semestinya).

Disamping itu, yang tidak kalah menariknya suvervisi dimaksudkan akan memberikan inspirasi dan ide-ide kosntruktif bersama dalam menentaskan persoalan-persoalan yang telah terurai ke permukaan ketika proses disuvervisi. Sebagaimana yang disampaikan oleh Juhan Siregar, M.Pd (Kepala MAN Tapanuli Selatan) kepada Humas “Yang namanya suvervisi disadari betul, bahwa akan dibeberkan disana tentang kekurang, kelemah, yang butuh penguatan, dan tentunya hasil yang telah diapresiasi. Tetapi yang terpenting dari itu semua, kegiatan suvervisi ini melahirkan semangat baru bagi kami untuk untuk semakin berbuat lebih dari sebelumnya, membeck up bagian yang butu penguatan, dan meningkatkan mana yang telah memperoleh predikat baik, serta mempertahankan hasil kinerja dalam predikat sangat memuaskan tadi. Kedepan hasil suvervisi hari ini, menjadi batu pijakan bagi kami untuk berbuat dan menjadi landasan berpikir dalam menentukan arah kebijakan di madrasah kita khususnya. Demi untuk mewujudkan pengabdian pada madrasah yang jauh lebih baik lagi”. Turur Juhan kepada Humas sambil mengekspresikan perasaan lega seusai menjamu tim suvervisor.

Pada akhirnya suvervisi yang dilakukan oleh tim dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dengan dituan rumahi oleh MAN Tapanuli Selatan, menjadi pengalaman tersendiri bagi warga madrasah ini. sementara, dari nilai esensial dari suvervisi yang dilakukan itu, dapat kiranya meningkatkan kwalitas maupun kwantitas yang disasarnya, berdasarkan tupoksi masing-masing. Lebih-lebih, menjadi motivasi dan sugesti tersendiri dalam upaya untuk mewujudkan birokrasi maupun tertib administratif yang berkemajuan (DMP).

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *