Berita Terbaru

Upacara pembukaan PERJUSAMI di MAN Tapanuli Selatan. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Sipirok (Humas, 05 Oktober 2022),

MAN Tapanuli Selatan menggelar kegiatan Perkemahan Jum’at Sabtu (PERJUSAMI) tanggal 30 September s.d. 02 Oktober 2022 bertempat di Lapangan MAN Tapanuli Selatan. Kegiatan rutin tahunan ini merupakan wadah bagi siswa MAN Tapanuli Selatan terutama kelas X untuk meningkatkan kekompakan, kedisiplinan, serta kepercayaan diri. 

Upacara pembukaan dilaksanakan pada Jum’at (07/10). Kepala MAN Tapsel, Juhan Siregar, M.Pd bertindak sebagai pembina upacara dan I Muhammad Din sebagai pemimpin upacara. Setelah upacara selesai, peserta PERJUSAMI mengikuti kegiatan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yang dibimbing langsung oleh perwakilan Babinsa Koramil Sipirok. Seluruh peserta tampak antusias dan serius mendengarkan pembimbing PBB. Kemudian, adapula materi dari beberapa alumni pramuka MAN Tapanuli Selatan. Setelah materi dari alumni, kegiatan dilanjutkan dengan nonton bersama film G30S/PKI sebagai pengingat dan edukasi kepada para peserta tentang salah satu sejarah bangsa Indonesia.

Kegiatan nonton bareng (nobar) film G30S/PKI sebagai edukasi. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Keesokan harinya, pada Sabtu (07/10), MAN Tapanuli Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Kelas X MIPA 4 menjadi petugas Upacara. Kepala MAN Tapsel selaku pembina upacara mengingatkan untuk selalu menghargai jasa pahlawan yang telah berkorban demi keutuhan bangsa. Siswa madrasah harus dapat memetik pelajaran dari sejarah peristiwa G30S/PKI.

Setelah upacara peringatan hari kesaktian pancasila, kegiatan PERJUSAMI dilanjutkan dengan hiking. Seluruh peserta dibagi per sangga menyusuri jalan alam yang telah ditentukan oleh penitia, kemudian secara bergantian singgah di pos-pos yang telah disiapkan. Di setiap pos, ada materi-materi yang berbeda tentang kepramukaan. Akhir Muda Harahap, S.Pd, selaku pembina pramuka mengatakan bahwa selain meningkatkan kekompakan dan kebersamaan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan cinta alam dan nilai-nilai positif dari kepramukaan.

Setelah hiking dan membersihkan diri, seluruh peserta bersiap untuk puncak kegiatan PERJUSAMI, yaitu api unggun. Upacara api unggun dilaksanakan sekitar pukul 21.30. Meskipun diguyur hujan seluruh peserta tetap mengikuti upacara dengan khidmat. Api tetap dapat membara meskipun kayu yang digunakan basah.

Api unggun saat akan dinyalakan di puncak PERJUSAMI MAN Tapsel 2022. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Hujan deras membuat barisan dibubarkan lebih awal, dan kembali dilanjutkan oleh materi kepramukaan. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan serius hingga selesai dan istirahat.

Di hari terakhir, tepatnya Sabtu (10/10), diawali dengan senam pagi, kemudian makan, lalu kebersihan dan berkemas untuk acara penutupan. Acara penutupan dilaksanakan pukul 12.30.kepala MAN Tapanuli Selatan, Juhan Siregar, M.Pd bertindak sebagai pembina upacara penutupan kegiatan PERJUSAMI MAN Tapanuli Selatan tahun 2022. Setelah dua orang perwakilan peserta PERJUSAMI menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan. Acara dilanjutkan dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan. (ali)

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *