Berita Terbaru

Selasa, 21 Februari 2023 08.00 WIB

MAN Tapanuli Selatan mengutus kontingannya untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (seterusnya disingkat MTQN) ke 55 Tahun 2023. Sebanyak 30 siswa diutus sebagai kontingan madrasah untuk turut andil dalam MTQN ke 55 Tingkat Kecamatan Sipirok pada tanggal 17-19 Februari 2023 di Bagas Godang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

MTQN ke 55 Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Sipirok yang berlangsung selama dua hari itu, dimaksudkan untuk menyaring dan menyeleksi potensi-potensi terpendam dari anak kemanakan Sipirok. Mereka nantinya dijadikan sebagai utusan kecamatan untuk berlaga pada tingkat Kabupaten. Ada lima cabang yang diperlombakan pada kegiatan keagamaan tersebut yang meliputi; (1) Cabang Hifzil Qur’an dan Tilawah; (2) Cabang Mujawad Remaja; (3) Cabang Syarhil Qur’an (P/PI); (4) Cabang Fahmil Qur’an (P/PI); (5) Cabang Nasyid Group. Kelima cabang itu, diikuti dengan sungguh-sungguh oleh kontingan MAN Tapanuli Seatan.

Kesungguhan dari kontingan MAN Tapanuli Selatan itu berbuah manis. Hal ini terbukti dengan trophy penghargaan dari keterwakilan seluruh cabang, berhasil dibawa pulang. Sebagaimana yang dituturkan oleh Lismaida Ritonga, S.Pd.I (WKM.Kesiswaan) yang sekaligus ketua kontingan MAN Tapanuli Selatan pada Humas. “Ada lima cabang yang diperlombakan dalam MTQN ke 55 Tingkat Kecamatan Sipirok kali ini, dan seluruh cabang kita ikuti dengan sungguh-sungguh. Syukur alhamdulillah seluruh cabang berhasil kita bawa trophy darinya. Cabang-cabang yang berhasil diperoleh trophy penghargaan seperti; Juara 1 Cabang Fahmil Qur’an Putri, Juara 2 Cabang Syarhil Qur’an Putra, Juara 2 Cabang Fahmil Qur’an Putra, Juara 3 Cabang Hifzil Quran 5 Juz dan Tilawah, Juara 3 Cabang Syarhil Qur’an Putri, Juara 3 Cabang Nasyid, Juara Harapan 1 Cabang Mujawwad Remaja, Juara Harapan 1 Cabang Fahmil Qur’an Putra, Juara Harapan 2 Cabang Nasyid, dan Juara Harapan 2 Cabang Fahmil Qur’an Putri”.

Foto bersama Kepala Madrasah (urutan 12 dari kiri), WKM.Kesiswaan (urutan 11 dari kiri), WKM.Humas (urutan 11 dari kanan), dan guru-guru pendamping, serta kontingan MAN Tapanuli Selatan yang telah memperoleh trophy penghargaan pada MTQN ke 55 Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Sumber: Humas).

Sementara dalam kesempatan lain, Juhan Siregar, M.Pd (Kepala MAN Tapanuli Selatan) kepada Humas, menuturkan bahwa “Perolehan trophy penghargaan kontingan MAN Tapanuli Selatan dalam ajang MTQN ke 55 Tingkat Kecamatan Sipirok adalah berkah yang patut disyukuri buat keluarga besar madrasah dalam bulan Rajab ini. Patut pulalah kirnya kita berbangga namun tidak jumawa, mengingat acara MTQN itu, madrasah kita berhasil membawa pulang 10 trophy penghargaan yang mewakili dari setiap 5 cabang yang diperlombakan. Disamping itu, lawan yang dihadapi tidak hanya dari masyarakat umum tetapi ada juga utusan dari sekolah maupun madrasah, bahkan pesantren sekitar”. Dalam kesempatan yang sama juga Juhan Siregar menambahkan bahwa “siswa yang berhasil memperoleh Juara 1 Cabang Fahmil Qur’an (Nabil, Riski, dan Hamida Marito) akan menjadi utusan Kecamatan Sipirok dalam MTQN Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan nantinya”, pungkasnya.

Perolehan kontingan MAN Tapanuli Selatan dalam ajang MTQN ke 55 Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, memberikan penegasan bahwa madrasah mandiri berprestasi itu mulai tampak mengemuka pada peserta didik MAN Tapanuli Selatan (DMP).

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *