Berita Terbaru

Sabtu, 04 Maret 2023 07.30 WIB

MAN Tapanuli Selatan baru saja menyelenggarakan upacara pelantikan kepengurusan OSIM dan Pradana-Pradani MAN Tapanuli Selatan masa bhakti 2023/2024 dengan hikmat. Pelantikan ini disaksikan oleh warga madrasah, mulai dari kepala, pendidik dan tenaga kependidikan, serta siswa yang berlangsung pada hari Sabtu, 04 Maret 2023 di lapangan MAN Tapanuli Selatan.

Puncak pesta demokrasi ini merupakan agenda tahunan madrasah untuk menanamkan sistem demokrasi kepada para siswa sejak dini. Penanaman nilai demokrasi atau pendidikan demokrasi yang diperkenalkan pada siswa ini dengan cara step by step but straight to the action (setahap demi setahap tetapi langsung pada aksi atau praktek). Diaman sebelum tiba pada pelantikan sebagai tahap akhir dari pesta demokrasi tersebut, mereka para siswa harus dan telah melalui beberapa tahapanpan. Tahapan itu, dimulai dari penjaringan balon, verifikasi, penetapan calon, penyampaian visi-misi (kampaye calon), pemilihan umum secara luber, hingga penghitungan, untuk kemudian menetapkan suara sah terbanyak yang keluar sebagai pemenang.

Disamping selain menanamkan pendidikan demokrasi pada siswa madrasah sejak dini, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bahan latihan bagi para siswa untuk menunjukkan daya jualnya, dalam artian menonjolkan potensi diri yang dimilikinya. hal itu dimaksudkan sebagai upaya untuk membuat terpilih dan terjaring dari sekian ratus siswa, menjadi leader atau pemimpin. Sebagaimana dalam penggalan amanat Juhan Siregar, M.Pd (Kepala MAN Tapanuli Selatan) pada upacara pelantikan itu. “Ananda semua yang berada di hadapan bapak ini adalah para siswa yang terpilih dan diyakini teman-temannya untuk mengemban amanah kepengurusan selama satu tahun kedepan, jadilah role model suri tauladan bagi mereka”.

Mengingat amanah yang diemban oleh pengurus OSIM dan Pradana-Pradani Pramuka merupakan tugas tambahan yang harus dipikul selama satu tahun kedepan, sehingga diharapkan untuk berbuat lebih dari sekedar kewajiban belajar layaknya siswa. Mereka mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mengorganisir dan menampung aspirasi, serta menghidupkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya ekstrakulikuler. Butuh keyakinan yang bulat, tekat yang kuat untuk mengemban amanah tersebut. Juhan dalam potongan amanatnya juga menyampaikan hal yang senada, bahwa “Sebagai pengurus sah OSIM dan Pradana-Pradani Pramuka masa bhakti 2023/2024, Ananda semua telah mendapatkan tambahan tugas dan tanggung jawab baru, selain tugas pokoknya belajar layaknya siswa. Mesti harus siap dengan keyakinan yang bulat tekat yang kuat untuk sanggup membagi waktu sedemikian rupa. Tugas-tugas kepengurusan berjalan sebagaiamana mestinya, tanpa mengabaikan tugas belajar sebagai siswa”, Tutur Juhan sambal mengulangi ucapan selamat sebagai penutup amanatnya.

Pelantikan OSIM dan Pradana-Pradani Pramuka masa bhakti 2023/2024 pada Sabtu pagi itu, mengamanahi kepada 35 siswa untuk tanggung jawab lebih diluar sebagai siswa yakni belajar. Adapun rincian siswa tersebut berdasarkan lampiran SK, sebagai berikut; (1) Akbar Riski Siregar jabatan Ketua OSIM; (2) Rifan Arwandi Pakpahan jabatan Wakil Ketua OSIM; (3) Rila Ulia Santi jabatan Sekretaris OSIM; (4) Dina Rahma jabatan Bendahara OSIM; (5) Ahmad Rinaldi jabatan Koordinator Divisi Keagamaan OSIM (Anggota: Randi Wijaya, Magfiroh, Putri Rahmadanai, Mahyudin, Yumna, Sindi, Annisa Harahap) (6) M.Fahli jabatan Koordinator Divisi 5 K OSIM (Anggota: M.Attajul, Medan, Aldian Syukri, Saikul, Nabila, Indri); (7) Muhammad Din jabatan Koordinator Divisi Kesenian OSIM (Anggota: Muhammad Tohir, Salsabilah, Ika Sartika, Aini Adelina); (8) Muhammad Fadli jabatan Koordinator Divisi Olahraga (Anggota: Mustakim, Siddik, Abimayu); (9) Taufik Jabatan Koordinator Divisi Humas & Pubdekdok (Anggota: Habibil Hadi, Neza, Anita, Andi Hafiz); (10) Muhammad Fahly Harahap jabatan Pradana Pramuka; (11) Nabila Diva Zairaini jabaran Pradani Pramuka. Mereka semua menjadi garda terdepan siswa MAN Tapanuli Selatan sebagai motornya ektrakulikuler madrasah, penampung aspirasi dan potensi siswa, bahkan menjadi perawat nama baik di dalam maupun luar madarasah, untuk satu tahun kedepan (DMP).

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *