Berita Terbaru

Jum’at, 05 Mei 2023 15.30 WIB

MAN Tapanuli Selatan melaksanakan pengumuman kelulusan bagi para siswa baik dari program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) maupun Program Ilmu Sosial (IPS) tahun pelajaran 2022/2023. Sebanyak 391 siswa yang tersebar dari empat lokasi (Bungabondar, Situmba, Sipange , dan Sipagimbar) memperoleh predikat Lulus yang disampaikan dalam rapat kelulusan pada Jum’at, 05 Mei 2023 di Ruang Laboratorium MAN Tapanuli Selatan.

Kepala MAN Tapanuli Selatan dalam sambutannya pada rapat kelulusan tersebut, menyampaikan bahwa pelaksanaan pengumuman kelulusan ini telah mengikuti ketentuan yang termuat dalam Petunjuk Teknis dan SOP AM TP.2022/2023 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI melaui Dirjen Pendis Nomor 1142 Tahun 2023. Oleh sebab itu, momentum hari ini 05 Mei 2023 diundang orang tua/wali siswa agar dapat menerima secara langsung keputusan terhadap hasil pembelajaran anaknya, selama tiga tahun terakhir di MAN Tapanuli Selatan.

Disampaikan pula, bahwa hasil dari yang diterima oleh orang tua/wali melalui sepucuk surat yang menerangkan lulus atau tidaknya siswa tersebut, telah melalui proses yang  cukup panjang. Proses itu terutama sekali melalu rapat kelulusan bersama dewan guru, wali kelas, umumnya pendidik dan tenaga kependidikan MAN Tapanuli Selatan, yang diselenggarakan pada 02 Mei 2023 yang lalu.

Penting kiranya hasil tersebut, seyogyanya dapat dipergunakan sebagai pijakan untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, seperti ke perguruan tinggi misalnya. Terkait dengan itu, dalam kesempatan itu pula kepala madrasah menghimbau, bagi siswa yang telah lulus seleksi ke perguruan tinggi, baik melalui jalur SNBP dan maupun SPAN-PTIKN pada bulan Maret yang lalu, untuk tidak menyia-nyiakan peluang yang diperoleh yang itu. Mengingat selain berdampak pada siswa itu sendiri, tentu di kemudian hari juga akan berdampak pada kepercayaan perguruan tinggi tersebut terhadap lulusan madrasah kedepannya.

Kepala madrasah tidak lupa juga menyampaikan permohonan maaf yang mewakili segenap civitas pendidik maupun tenaga kependidikan MAN Tapanuli Selatan, kepada orang tua/wali siswa terhadap kelalain, kesilapan, maupun kekeliruan terhadap amanah yang dipercayan selama tiga tahun terakhir. Beriringan juga dengan ucapan terima kasih untuk kepercayaan para orang tua/siswa hingga akhir, terhadap madrasah ini, untuk menjadi wadah menuntut ilmu bagi anak-anaknya.

Sebagaimana dalam SOP AM Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI melalui Dirjen Pendis Nomor 1142 Tahun 2023, maka disana diterangkan bahwa untuk madrasah Aliyah pengumuman kelulusannya dapat dilakukan secara serantak pada tanggal 05 Mei 2023. Berpijak dari petunjuk teknis tersebut, MAN Tapanuli Selatan melaksanakan pengumuman kelulusan tersebut pada hari ini. Skema pengumuman kelulusan tersebut diterapkan dengan melalui penyerahan amplop pengumuman kepada orang tua/wali yang sengaja telah di undang sehari sebelumnya. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir Tindakan-tindakan yang tidak diinginkan selepas pengumuman oleh siswa itu sendiri seperi coret-coretan baju, kompoi motor, nongkrong atau lain sebagainya. Upaya persuasive ini juga menjadi salah satu bentuk pengaminan terhadap himbauan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara melalui Kabid Pendidikan Madrasah yang mengajak semua lulusan madrasah selepas pengumuman untuk tidak merayakan dengan eforiayang berlebihan, bahkan sampai menanggalkan identitas madrasah seperti, coret-coretan baju, kompoi motor, nongkrong atau lain sebagainya.

Akhirnya, MAN Tapanuli Selatan menyampaikan apresiasi kepada segenap pihak yang telah mengindahkan segala bentuk himbauan lepas pengumuman disampaikan pada hari ini (DMP).

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *