Berita Terbaru

Sipirok (Humas) – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober 2023, MAN Tapanuli Selatan melaksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 pada Senin (23/10). Upacara dimulai pukul 07.30 WIB di lapangan MAN Tapanuli Selatan. Berbeda dengan upacara pada umumnya, kali ini seluruh peserta mengenakan pakaian santri, untuk putra memakai koko putih, sarung, dan peci hitam sedangkan yang putri memakai baju putih serta jilbab putih. Upacara berlangsung khidmat dan semangat.

Menurut Kepala MAN Tapsel, Juhan Siregar, S.Pd., M.Pd., peringatan Hari Santri Nasional merupakan pengingat terhadap perjuangan dan pengorbanan santri ketika mempertahankan Indonesia. “Santri di Indonesia juga ikut dalam persiapan perang di Indonesia pada tahun 1945 silam,” jelasnya dalam amanat.

Dalam kesempatan itu, beliau juga membacakan kata sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Dalam salah satu isi pidatonya disebutkan bahwa Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

Kegiatan Peringatan Hari Santri di MAN Tapanuli Selatan juga diisi dengan lomba sholawat antar kelas, yakni sholawat badr bagi laki-laki dan sholawat jibril bagi perempuan. Seluruh peserta dan para siswa lain tampak semangat dan antusias memeriahkan perlombaan. “Semoga dengan adanya perlombaan seperti ini, dapat memunculkan bakat-bakat baru diantara siswa MAN Tapsel”. Pungkas WKM Kesiswaan, Lismaida Ritonga, S.Pd.I. (ali)

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *