Asesmen Bakat Minat di MAN Tapanuli Selatan Sukses Dilaksanakan Selama 4 Hari

Kepala MAN Tapsel saat memberikan arahan sekaligus membuka pelaksanaan ABM di MAN Tapsel. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Sipirok (Humas) – MAN Tapanuli Selatan melaksanakan Asesmen Bakat & Minat (ABM) yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII. MAN Tapanuli Selatan tergabung pada periode 3 Sumatera Utara pada pelaksanaan ABM Tahun 2023, yakni pada tanggal 20-23 November 2023.

Asesmen Bakat dan Minat merupakan tes yang mengukur potensi setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi dapat berkaitan dengan bidang pendidikan maupun pekerjaan. Bisa disimpulkan, Asesmen Bakat Minat merupakan tes yang berfungsi mendeteksi bakat yang dimiliki seseorang dan kecenderungan minatnya. ABM 2023 dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online (CBT Online). Dalam praktiknya, Asesmen Bakat Minat 2023 terbagi menjadi dua macam tes. Keduanya adalah tes bakat sebanyak 160 soal dan tes minat 108 soal.

WKM Akademik, Suparno, S.Pd.,M.Sc mengatakan bahwa tes ABM ini bukan hanya sekedar mengukur potensi dan minat siswa, namun juga bagaimana ketahanan para siswa saat menjawab soal yang tidak sedikit. “Apakah jawabannya stabil atau tidak, karena itu adalah salah satu penilaian penting dari perusahaan saat penerimaan karyawan nantinya.”

Senada dengan itu, Kepala MAN Tapsel, Juhan Siregar, S.Pd.,M.Pd mengatakan, “Tujuan dari diadakannya asesmen minat dan bakat ini untuk mengetahui kemampuan dan potensi akademik para siswa dan siswi, misalkan jika ingin kuliah maka jurusan apa yang paling tepat atau mungkin jika ingin berusaha usaha apa yang paling tepat. Jadi ini untuk menggali Potensi mereka terkhusus untuk kelas XII yang nantinya akan melanjutkan belajar keperguruan tinggi”

Beliau juga berharap hasil ABM nantinya digunakan sebagai acuan bagi Bimbingan Konseling (BK) dalam mengarahkan para siswa sesuai minat dan bakatnya dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (ali)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *