Berita Terbaru

Sipirok (Humas) – MAN Tapanuli Selatan melaksanakan peringatan Hari Guru Nasional yang ke-78 tahun 2023. Berbagai rangkaian acara yang di inisiasi oleh siswa melalui OSIM untuk para guru memeriahkan acara.

Kegiatan dimulai dengan upacara bendera dan guru-guru yang menjadi petugasnya. Sawaluddin Tampubolon, S.Pd.,M.P.Kim bertindak sebagai Pemimpin upacara. Hotibul Umam Pulungan, S.Pd.I, Desi Alawiyah Siregar, S.Pd, dan Hatorangan Siregar sebagai penggerek bendera, Lili Handayani, S.Pd sebagai Protokol upacara, Sanusi Siregar, S.Pd dan Afnidar Triani Pasaribu, S.Pd masing-masing sebagai Qori dan Sari Tilawah, Kemudian Rahma Khairani Putri, S.Pd., M.Pd sebagai pembaca Ikrar Guru, Abd. Muin Rangkuti, S.Pd.I sebagai pembaca Do’a, serta Nasibarahma Hasibuan, S.Ag sebagai Dirjen. 

Secara keseluruhan, masing-masing petugas melaksanakan tugasnya dengan baik. Kepala MAN Tapanuli Selatan, Juhan Siregar, M.Pd yang bertindak sebagai pembina upacara mengucapkan, “Selamat Hari Guru dan Terima Kasih kepada semua guru yang tulus mendidik anak bangsa, terkhusus kepada guru-guruku di MAN Tapsel”.

Dalam kesempatan itu, beliau juga membacakan pidato dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Beliau menyebut saat membacakan isi pidatonya, “Benar, bahwa Hari Guru Nasional adalah bentuk rekognisi, namun kami juga berkomitmen untuk terus berupaya agar para guru terus mendapat afirmasi. Sebab kita semua tahu bahwa guru adalah profesi mulia. Dalam konteks itu saya ingin menyampaikan beberapa pesan, yang pertama, terus menjadi pribadi pembelajar sebab mengajar pun bagian dari belajar. Saat guru mengajar pada hakikatnya dia jg sedang belajar. Kedua, setelah dua tahun pendemik covid 19 saat ini kita memasuki masa planning recovery pemulihan proses pembelajaran. ketiga, terus perkuat moderasi beragama dan toleransi,Jadikan agama sebagai Rahmatan lil’alamin. Keempat, Kementerian Agama berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru. Dengan demikian “guru engkau bagai pelita dalam kegelapan, engkaulah embun penyejuk dalam kehausan, engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa. “Selamat Hari Guru” ucapnya.

Setelah upacara selesai, dengan diarahkan oleh OSIM, para guru berfoto bersama, kemudian acara dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Ketua OSIM MAN Tapsel, Akbar Rizki Siregar, “Saya mewakili seluruh siswa MAN Tapanuli Selatan mengucapkan selamat hari guru kepada bapak ibu, maafkan kami jika ada perkataan maupun tindakan yang membuat marah bapak dan ibu, atas segala ilmunya kami ucapkan terima kasih,” ucapnya. Pak Alpian Ritonga, S.Ag juga memberikan kata sambutan mewakili para guru. Beliau berpesan agar selalu semangat dan bekerja keras untuk menggapai cita-cita yang diinginkan, karena kebanggaan terbesar sebagai guru adalah melihat anak didiknya sukses.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kue yang selanjutnya para siswa yang diwakili anggota OSIM menyuapi seluruh guru satu per satu sebagai simbol kasih sayang.  Setelah itu, penyerahan cinderamata dari para siswa untuk guru yang juga di inisiasi oleh anggota OSIM dengan partisipasi seluruh siswa.

Acara semakin menarik dengan penampilan-penampilan memukau dari para siswa, seperti tari kreasi, dance smaphore, puisi, dan menyanyi. Kepala madrasah berharap dengan adanya peringatan hari guru ini, dapat mempererat hubungan antara guru dan siswa sebagai garis depan pendidikan di MAN Tapsel.(ali)

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *