Berita Terbaru

Senin, 27 Maret 2023 07.30 WIB

Siswa MAN Tapanuli Selatan mengisi bulan suci Ramadhan dengan bebagai kegiatan. Mulai dari Tadarus, Shalat Dhuha, Tausiyah, Praktik Shalat Jenazah, dan lain-lain. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI semua lokasi (Bungabondar, Situmba, Sipagimbar, dan Sipange) dari tanggal 27 Maret sampai dengan 18 April 2023.

Kegiatan yang telah merujuk pada surat edaran Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara tertangal 10 Maret 2023, nomor: B-6852/Kw.02/2-a/PP.00/03/2023. Perihal Pemebelajaran di Bulan Suci Ramadhan. Dimana pembelajaran dialihkan pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya pada pembinaan karakter religius dan moderasi beragama. Sebagaimana dalam penggalan arahan dan bimbingan Juhan Siregar, M.Pd (Kepala MAN Tapanuli Selatan), ketika membuka secara simbolis untuk empat lokasi (Bungabondar, Situmba, Sipagimbar, dan Sipange) kegiatan Bulan Suci Ramadhan 1444 H/2023 M untuk MAN Tapanuli Selatan di Lapangan Basket madrasah. “Ramadhan kali ini kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengasah kemampuan dan membiasakan karakter religius dan moderasi beragama, seperti baca Qur’an/Tadarus, Moderasi Beragama, Praktik Shalat Jenazah, Praktik Tausyiah atau Kultum, tentu yang tidak boleh terlewatkan Tahfiz maupun mengulang-ulang hafalan (Muraja’ah). Kegiatan ini diisi berdasarkan ruang dan waktu yang tersedia dan bersesuaian pada apa yang telah diintruksikan oleh kanwil kemenag provinsi. Warna-warni teknis pelaksanaanya, dirincikan lebih lanjut oleh kordinator kegiatan. Pungkas Juhan, menutup arahan dan bimbingannya.

Sementara, pada waktu yang berbeda, Lismaida, S.Pd.I (WKM.Bidang Kesiswaan) dalam momen penyampaian teknis kegiatan pengisi bulan suci Ramadhan 1444 H di MAN Tapanuli Selatan, menyampaikan bahwa “Kegiatan Ramadhan di madrasah kita kali ini, telah disusun secara sistematis dan terukur, atas arahan kepala, melibatkan seluruh WKM utamannya bidang akademik, wali kelas, guru PAI, ahli moderasi dan meminta masukan berbagai pihak terkait. Harapannya, untuk 19 hari kedepan dari pukul 08.00-11.00 WIB setiap paginya, dapat diisi dengan bebebagai tema kegiatan yang pelaksanaanya variatif. Tema-tema yang dimaksudkan, seperti; (1) TAD: Tadarus Al Qur’an; (2) MOD: Moderasi Beragama; (3) TAU: Tausiyah Ramadhan; (4) BBQ: Belajar Baca Al Qur’an Intensif; (5) MOR: Motivasi Ramadhan; (6) MUR: Muroja’ah Al Qur’an Juz 30; (7) SH-JE: Sholat Jenazah (Menghapal Bacaan pada sholat Jenazah). Mudah-mudahan niat baik kita untuk mengisi kegiatan Ramdhan dengan tema-tema tadi, diberkahi Allah SWT, ucap Lismaida menutup penjelasan teknisnya.

Ramadhan 1444 H yang jatuh pada Kamis, 23 Meret 2023 kali ini, memberikan kesempatan pada siswa untuk libur menyambut bulan suci Ramadhan yang berlangsung dari tanggal 21-25 Maret. Kemudian, pembelajaran dimulai dari 27 Maret-18 April. Jadwal tersebut sudah disampaikan kepada para siswa dan dewan guru sebelum libur penyambutan bulan suci Ramadhan berlangsung. Hal tersebut, dimaksukan agar semua yang terlibat untuk mengisi kegiatan Ramadhan di MAN Tapanuli Selatan kali ini, benar-benar siap baik secara fisik maupun psikis. Kondisi demikian membuka peluang besar untuk tercapainya tujuan dari agenda-agenda yang telah disusun dengan sedemikian ruma (DMP).

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *