Berita Terbaru

Asesor dari BAN-S/M provinsi Sumatera Utara berfoto bersama tendik dan kependidikan MAN Tapsel. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Sipirok (Humas) – Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) provinsi Sumatera Utara melaksanakan Asesmen di MAN Tapanuli Selatan selama dua hari, yakni tanggal 10-11 Oktober 2023. BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, seperti yang tercantum dalam Pasal 1 ayat (2) Permendikbud Nomor 59. Salah satu hasil yang didapatkan dari kegiatan ini nantinya adalah penetapan Akreditasi Sekolah/Madrasah dengan mengacu pada beberapa indikator sesuai dengan standar Nasional Pendidikan.

Tim asesor sedang mewawancarai beberapa orang guru MAN Tapsel terkait administrasi guru. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

dBAN-S/M Provinsi Sumatera Utara mengutus dua orang asesor, yakni Asma Lailani dan Sri Nurhayati. Kedua asesor diberikan tugas antara lain Asesmen kecukupan DIA melalui Sispena S/M, Indikator Pemenuhan Mutlak harus terpenuhi, Kelengkapan dokumen, Rekapitulasi hasil asesmen kecukupan DIA madrasah, dan menyampaikan berita acara asesmen kecukupan hasil dalam bentuk salinan cetak dan salinan digital kepada BAN-S/M provinsi Sumatera Utara. 

Tim Asesor BAN-S/M provinsi Sumatera Utara  melaksanakan visitasi akreditasi sekolah/madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Tapanuli Selatan. Pelaksanaan Visitasi berlangsung selama 2 hari yaitu dimulai pada Selasa (11/10/2023) dan Rabu (12/10/2023). Adapun kegiatan pada hari pertama terdiri dari pembukaan di aula yang diikuti oleh seluruh tendik dan kependidikan, dilanjutkan dengan wawancara dengan beberapa orang guru mengenai administrasi guru, setelah itu, tim asesor didampingi oleh kepala madrasah dan WKM untuk mengobservasi sarana dan prasarana di MAN Tapanuli Selatan, antara lain ruang kelas, lab komputer, ruang tatau usaha, UKS, ruang BK, dan Musholla.

Penyempaian hasil visitasi oleh asesor. (Sumber : Humas MAN Tapsel)

Di hari berikutnya, kegiatan diawali dengan monitoring proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan sebagai penilaian apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Setelah itu para siswa diarahkan untuk mengisi angket secara online terkait Madrasah. Terakhir, sebagai penutup rangkaian acara visitasi oleh BAN-S/M provinsi Sumatera Utara, diadakan acara penutup sekaligus penyampaian hasil asesmen selama dua hari.

“Kehadiran tim asessor ini sangat berguna bagi kami semua, utamanya dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan dan mengevaluasi diri. Untuk itu kami mohon bimbingannya agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta didik,”. Sebut Kepala MAN Tapsel, Juhan Siregar, S.Pd.,M.Pd saat menutup acara. (ali)

admin
Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *