Sipirok (Humas) – Tenaga Ahli Menteri Agama Republik Indonesia, H. Hasan Basri Sagala, S.Ag., M.Si. melakukan kunjungan ke MAN Tapsel dalam rangka Pengukuhan Duta Moderasi Beragama pada Rabu (01/10). Acara ini diikuti oleh seluruh Madrasah Aliyah, baik Negeri maupun Swasta se-KKM MAN Tapanuli Selatan, yang masing-masing turut mengirimkan siswa kelas XII-nya.

Bapak Hasan Basri yang tiba di MAN Tapsel sekitar pukul 13.45, langsung disambut dengan pengalungan ulos dan kalung bunga sebagai tanda sambutan & kasih sayang. Tarian tor-tor oleh siswi-siswi MAN Tapsel juga turut menyambut kedatangan beliau. Seluruh siswa MA, bahkan para guru yang hadir tampak antusias untuk sekedar berjabat tangan. 

Sebagai aksi hiburan, sanggar tari MAN Tapanuli Selatan menampilkan tari kreasi gabungan nusantara, seperti tari batak, tari melayu, tarian padang, tarian aceh, papua, dan lain-lain.cSetelah itu, acara yang dipandu oleh Lili Handayani, S.Pd sebagai MC dilanjutkan dengan kata sambutan oleh PLT Kakan Kemenag Tapanuli Selatan, Drs. Fahrul Sanawi Harahap, M.Pd. Beliau mengucapkan selamat datang kepada Hasan Basri Sagala di Tapanuli Selatan, “Selamat datang pak, kami semua disini, khususnya MA se-KKM MAN Tapanuli Selatan sangat senang atas kunjungan bapak” pungkasnya.

Kemudian, H. Hasan Basri Sagala, S.Ag., M.Si. dalam sambutannya berterima kasih atas sambutan hangat dari MAN Tapsel dan MA se-KKM MAN Tapanuli Selatan. Dalam kesempatan itu pula beliau menjelaskan tentang apa itu Moderasi Beragama dan apa saja tugas-tugas para duta moderasi beragama nantinya. “Moderasi beragama itu adalah meyakini kebenaran agama sendiri¬† dan menghargai serta menghormati penganut agama lain yang meyakini agama mereka, tanpa harus membenarkannya. Moderasi Beragama sama sekali bukan pendangkalan akidah atau ajaran sesat baru, sebagaimana persepsi salah sebagian orang.” ucap beliau.

Setelahnya, acara dilanjutkan dengan pengukuhan duta moderasi beragama. Duta perwakilan dari setiap Madrasah se-KKM MAN Tapanuli Selatan berbaris rapi dan tertib, selanjutnya H. Hasan Basri Sagala, S.Ag.,M.Si mengukuhkan para duta moderasi beragama satu per satu setelah sebelumnya menjelaskan tentang tugas-tugas yang diemban sebagai duta nantinya.

Diakhir rangkaian acara, beliau menyapa siswa-siswi yang hadir, baik untuk sekedar bersalaman maupun foto bersama. (ali)

Similar Posts